Rabu, 16 Juli 2008

Berikan Kail, Bukan Ikan


Ada satu pernyataan dari Konfusius, kalau Anda kasih ikan pada seorang, dia akan kenyang dalam sehari. Kalau anda memberi tahu cara memancing, anda bisa membuat orang kenyangnya selama-lamanya. Apa yang anda lakukan kepada team anda? Kail seperti apa yang anda berikan? Apakah karyawan anda mempelajari cara memancing banyak customer? Bagaimana memimpin team Anda agar lebih solid dan mampu menyelsaikan permasalahan customer denghan solusi terbaik?Saya mencuplik percakapan saya dengan salah satu client yang memiliki problem klasik.
Client: Coach saya bingung, anak buah saya udah dikasih tahu cara melayani custommer tapi koq masih tanya melulu. Sampai bosan rasanyaCoach: Apa yang belum maksimal menurut bapak?
Client: Mereka hanya fokus dengan yang saya minta, tanpa mau mengembangkan kreatifitas saat ada masalah dengan customer. Akhirnya saya juga yang harus turun tangan.
Coach: Prinsip-prinsip apa yang bapak ajarkan kepada team bapak saat melayani customer?Client: Mungkin, saya tidak mengajarkan prinsip sama sekali, ada ide coach?
Coach: Salah satu prinsip yang diajarkan seorang Keith Cunningham, mentor Brad Sugars dan Robert T Kiyosaki dalam memanage team beliau, dia mengajarkan 3 prinsip: 1. Do the right thing, 2. Do the best you can, 3. Show that you care , lakukan apa yang menurut anda terbaik, lakukan sebaik-baiknya, perlihatkan bahwa anda peduli. Menurut bapak pelajaran apa yang bisa bapak ambil dari prinsip-prinsip ini?
Client: Seharusnya saya memberikan prinsip bukan aturan main yang semakin hari semakin sulit diikuti. Pantas saya kehabisan waktu untuk menjawab kasus kasus yang seharusnya bisa ditangani oleh team.
Coach: Kalau bapak melihat bisnis ini seperti negara, menurut bapak apa prinsip-prinsip utama yang harus dipegang setiap warga negaranya?
Client: Hmmm... kalau di Indonesia kan ada Pancasila, itu betul ngga?
Coach: Betul sekali, pak!
Client: Wah, kalo begitu apa sila-sila dalam menggarap customer saya. Apa yang harus dipegang oleh team saya agar mereka mengingat bahkan menghormati sila-sila tersebut. Begitu coach?
Coach: Absolutely!
Client: Thank's Coach, saya bisa segera terapkan prinsip ini di bisnis saya.

Saudaraku, sering kita sibuk dengan aktifitas dan melupakan dasar yang tidak kalah pentingnya dengan omset itu sendiri. Tanpa prinsip, negara akan kacau. Prinsip membuat manusia termotivasi untuk membela diri, membela negara dan mempersatukan keluarga.
Prinsip, nilai-nilai dan kode etik apa yang anda miliki untuk mempertahankan semangat team anda?

1 komentar:

Dian Manginta mengatakan...

Hello,

Aku juga baru nulis soal "kail dan ikan".

Lihat di sini.

Di wall facebook-ku , aku lengkapi catatannya.

Lihat ya?

Thanks.
D-